Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Bakal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Periode 2014-2019

LATAR BELAKANG

Pada juli 2014 mendatang akan diadakan pemilihan presiden Indonesi periode 2014 – 2019, salah satu pesta rakyat terbesar di Indonesia. Pada 9 april lalu telah diadakan pemilihan umum legislatif. Melihat perolehan hasil pemilu, akhirnya terdapat 2 partai yang mengajukan calon presiden dan calon wakil presidennya. Kedua partai itu adalah Gerindra dengan pasangan Prabowo Subianto selaku capres dan Hatta Rajasa selaku cawapres, PDIP dengan pasangan Joko Widodo selaku capres dan Jusuf Kalla selaku cawapres.

Untuk bisa tetap melaju ke pilpres juli nanti, kedua pasangan calon ini harus melakukan tes kesehatan yang diadakan oleh tim independen KPU dibantu oleh tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto. Pasangan calon Joko Widodo dan Jusuf Kalla melakukan tes kesehatan terlebih dahulu pada kamis, 22 mei 2014. Sedangkan pasangan calon Prabowo dan Hatta Rajasa melakukan tes keesokan harinya. Tes pun berlangsung cukup lama sekitar 8 – 9 jam karena tes kesehatan mencakup jiwa dan jasmani. Pemeriksaan jasmani terdiri dari penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, pemeriksaan paru-paru, bedah, urologi, orthopedi, pemeriksaan neurologi atau syaraf, mata, THT, serta pemeriksaan gigi mulut.

 

TUJUAN

–          Memenuhi tugas mata kuliah Media Relations.

–          Mengetahui proses berjalannya konferensi pers.

 

BENTUK KEGIATAN

Mengikuti proses konferensi pers secara langsung.

 

WAKTU DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN

Hari, tanggal   : Sabtu, 24 Mei 2014

Waktu             : 18.00 WIB – selesai.

Tempat            : Ruang Sidang Kantor Pusat Komisi Pemilihan Umum, Jakarta.

 

ISI KONFERENSI PERS

bertempat di ruang sidang kantor pusat Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik selaku ketua KPU mengumumkan hasil tes kesehatan kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Tes kesehatan ini sebelumnya diadakan di Rumah Sakit Angkatan Darat Gatot Subroto dibantu oleh pengurus besar Ikatan Dokter Indonesia. Pada awalnya konferensi pers ini direncanakan pada pukul 16.00, tapi karena ada beberapa kendala teknis dalam pencatatan dokumen, konferensi pers pun diadakan pada pukul 18.00.

pada pengumuman ini, Husni Kamil menyatakan bahwa kedua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden mampu untuk menjalankan tugas-tugasnya apabila terpilih nanti. Kendati demikian, kedua pasangan ini masih harus melengkapi beberapa persyaratan dan diberikan waktu 2 hari oleh pihak KPU untuk melengkapinya.

Selain mengumumkan hasil tes kesehatan, Husni juga mengatakan bahwa pada tanggal 1 juni akan diadakan pengundian nomor urut. Selain itu, mulai 4 juni masing-masing pasangan capres – cawapres bisa berkampanye secara resmi. Kampanye diadakan hingga 5 juli mendatang. KPU pun nanti akan memfasilitasi penyelenggaraan debat antar capres, antar cawapres, dan antar pasangan capres – cawapres.

 

DOKUMENTASI

Terlampir.

 

PENUTUP

Demikian laporan ini kami buat sebagai pembelajaran mata kuliah Media Relations.

 

LAMPIRAN

DSC_0538 DSC_0567 DSC_0541 DSC_0543 DSC_0546 DSC_0559 DSC_0530

 

Nama kelompok:

Istiana Yulianingsih (13812859)

Muhammad Fauzan Adhima (14812947)

Ozi Maulana Insan (15812617)

Pujasakti Musdar (18812432)

Solihan (17812100)

Tri Noviah Lestari (17812453)

 

Fakultas Ilmu Komunikasi 2012

Universitas Gunadarma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s